Rabu, 17 Desember 2008

[Afterthought - Nintendo DS] Castlevania: Order of Ecclesia - Konami - 2D Platformer

Castlevania, mendengar kata ini pasti para gamer senior akan teringat dengan platform game di NES yang merupakan cikal bakal dari Castlevania series. Yah, buat gamer yang masih belom tua-tua banget pastinya bakal keinget sama Castlevania: Symphony of The Night yang pernah dirilis di Playstation. Well, Castlevania series adalah seri platform game yang memiliki beberapa sistem yang unik. Soalnya, kalo nggak pake sistem yang unik, siapa juga yang mau mainin platform game standar di jaman console next-gen saat ini?

Nah, gue sendiri sebagai penggemar Castlevania udah mainin game ini mulai dari jaman Nintendo jadul, Playstation, terus backtracking ke beberapa Castlevania di console jadul seperti Super Nintendo via emulator. Well, beberapa judul seperti Symphony of The Night, Harmony of Dissonance, Aria of Sorrow dan lain-lainnya yang memiliki sistem unik juga udah gue tamatin. Since I’m a big fan of this series.

Beberapa judul Castlevania juga pernah mengalami perombakan pada gameplay system-nya menjadi 3D platform, seperti Castlevania 64, Castlevania: Lament of Innocence, dan Castlevania: Curse of Darkness. Begitu seri ini dirilis dalam bentuk 3D, banyak pro dan kontra dari para Castlevania Player. Banyak yang menginginkan Castlevania kembali menjadi 2D platform game, karena itu merupakan ciri khas dari Castlevania. Kalo gue sih asik-asik aja, selama gameplay-nya oke, pasti gw mainin.

Menyambut permintaan para Castlevania Player yang menginginkan Castlevania kembali menjadi game dengan sistem 2D platform, Castlevania: Dawn of Sorrow dan Portrait of Ruin dirilis untuk Nintendo DS. Well, gue sendiri menyikapi dua game ini dengan cukup skeptis. Come on, man... Udah bagus-bagus jadi 3D, kenapa mesti balik ke 2D lagi, taun berapa sih sekarang? Tentunya setelah ngomel-ngomel begitu gue nggak mainin kedua game itu. Hih, benci aku~

Nah, di tahun 2008 gue liat di beberapa website dan majalah soal game Castlevania baru yang bakal dirilis di Nintendo DS. Ngeliat berita itu gw berpikir, "Ah well... Kayaknya udah saatnya gue ninggalin Castlevania yang udah tahun 2008 begini masih aja 2D platformer. Kenapa sih nggak keluar di Xbox 360 atau Playstation 3 aja?" Nggak lama dari itu, gue ngeliat trailer dari Castlevania: Order of Ecclesia dan gue kaget banget pas ngeliat karakter utamanya cewek.

Tidak ada komentar: